Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Penyakit Tulang

Tulang adalah jaringan ikat atau organ yang tersusun dan memiliki struktur keras dan membentuk kerangka serta berfungsi untuk menopang tubuh. Tulang memiliki peranan penting bagi tubuh agar fisik dapat bergerak dengan baik. Dalam tubuh manusia sendiri terdiri dari 206 tulang, bahkan beratnya sekitar 15% dari berat badan. Pada dasarnya tulang dapat tumbuh dan berkembang, dalam hal ini ia membutuhkan kalsium, fasfor, dan vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan serta perkembangannya dengan baik. Namun, tubuh yang sering kekurangan kalsium membuat kesehatan tulang jadi terganggu bahkan kerap menimbulkan berbagai serangan penyakit, seperto osteoporosis, osteomalacia, osteogenesis imperfekta, rakhitis, dan bahkan kanker.

Osteoporosis

Penyakit tulang osteoporosis ialah kondisi dimana kepadatan tulang mulai menurun. Osteoporosis umumnya muncul seiring berjalannya usia, semakin tua seseorang akan semakin dekat dengan penyakit tersebut karena masa tulang sudah mulai tidak normal (rapuh dan keropos). Usia bisa memakan kekuatan tulang. Seseorang yang telah terkena penyakit osteoporosis tidak dapat lagi bekerja seperti sedia kala. Seperti halnya mengangkat beban terlalu berat dapat membuat tulang mudah patah karena rapuh. Untuk itulah dibutuhkannya kalsium dan nutrisi yang cukup guna menjaga kesehatan tulang baik dengan cara mengkonsumsi suplemen maupun juga rutin melakukan olahraga sekalipun hanya berjalan santai.

Osteomalacia

Masalah tulang osteomalacia adalah kondisi tulang relatif lemah sehingga struktur pada tubuh tidak dapat bertahan dengan baik dan kuat. Sebagian besar masalah kesehatan tulang osteomalacia menyerang orang dewasa. kekurangan vitamin D adalah faktor yang sangat dominan menimbulkan osteomalacia karena membuat kalsium tidak dapat terserap ke dalam tubuh. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D terbaik untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Osteogenesis imperfekta

Masalah kesehatan osteogenesis imperfekta dikatakan sebagai kelainan karena keadaan tulang yang mudah patah. Pada setiap orang penyakit osteogenesis relatif berbeda, ada yang memberikan gejala ringan hingga serius. Lebih-lebih bisa jadi mengalami pata tulang hingga ratusan kali bagi penderita yang memiliki diagnosis serius pada penyakit tersebut. Sayangnya, sampai saat ini pengobatan untuk osteogenesis imperfekta belum dapat ditemukan obatnya.

Rakhitis

Rakhitis adalah sebuah penyakit tulang yang konteksnya lemah dan hal ini banyak terjadi pada usia anak-anak. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin D dan juga mineral sehingga tidak dapat menyerap kalsium dan fasfor secara maksimal sehingga tulang tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan pertumbuhan anak-anak pada umumnya. Dampak yang timbul dari penyakit tulang rakhitis bisa jadi membuat anak mudah mengalami rasa nyeri pada otot-otot bahkan sampai dengan kelainan bentuk atau struktur tulang dan juga gigi.

Kanker tulang

Munculnya kanker tulang utamanya disebabkan oleh penyebaran dari organ kanker lain. Pada kasus ini, ada beberapa jenis kanker tulang yang dimaksud antara lain osteosarcoma, chondrosarcoma, sarkoma ewing. Penyakit kanker penting untuk diminimalisir dan dicegah sebelum terlambat karena dapat menimbulkan kelainan di bagian tubuh tubuh yang terserang. Menerapkan gaya hidup sehat, menjaga pola makan, dan juga melakukan olahraga secara rutin memungkinkan untuk menghindari penyakit kanker tulang.

Ada banyak jenis penyakit kanker tulang yang kerap dikeluhkan banyak orang, bahkan sering kali tidak menyangkut usia dan jenis kelamin. Penuhi vitamin, kalsium, fasfor, dan nutrisi penting lainnya agar tubuh dapat tumbuh sehat dan kuat.

This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *