Dos & Don’ts Jika Ingin Berobat ke Singapura

Berobat ke luar Singapura merupakan salah satu pilihan tepat apabila rumah sakit di tanah air dirasa kurang memadai atau kurang memberikan layanan yang memuaskan. Ini bukan omong kosong belaka karena sudah ada banyak warga negara Indonesia yang lebih memilih untuk berobat ke luar negeri demi mendapatkan kesembuhan. Btw, apakah Anda berencana untuk berobat ke Singapura? Jika iya, ada hal-hal yang penting untuk dilakukan dan yang harus dihindari nantinya. Apa sajakah hal-hal yang dimaksudkan tersebut? Simak jawabannya di bawah ini:

Dos

Siapkan dana dan berkas yang dibutuhkan. Oke, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan dana yang cukup dan juga berkas-berkas yang dibutuhkan. Dalam hal ini, berkas yang dimaksud adalah paspor, tanda pengenal, dan surat rujukan dokter jika memang dibutuhkan. Untuk dana, siapkan dana untuk berobat, penginapan, transportasi, dan makan, terutama jika membawa beberapa orang untuk menemani Anda di sana. Disarankan untuk membawa dana lebih guna mengantisipasi dana-dana tak terduga. Sebagai contoh, keluarga Anda jadi ikutan sakit dan butuh dana untuk membeli obat.

Buat janji dengan dokter. Hal selanjutnya yang sangat amat penting dan jangan sampai dilupakan sebelum berangkat ke sana adalah membuat janji dengan dokter. Bagaimana caranya? Cara pertama, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu dokter apa yang diinginkan dan bekerja di mana, lalu kemudian telpon rumah sakit tempat dia bekerja dan buat janji. Cara lainnya adalah Anda bisa meminta tolong kepada website penyedia layanan berobat ke Singapura yang terpercaya. Mereka akan membantu Anda menemukan dokter yang tepat dan juga rumah sakit yang pas untuk Anda, entah itu RS Gleneagles SG, Mount Elizabeth, dan lain sebagainya.

Don’ts

Jangan datang terlambat ke bandara. Apabila Anda sudah membuat janji dengan dokter mau bertemu hari apa dan jam berapa, pastikan untuk berangkat dari Indonesia lebih awal agar tidak terlambat. Nah, yang tidak boleh dilakukan di sini adalah terlambat datang ke bandara. Mengapa? Jika Anda sampai melakukan hal ini, Anda akan ketinggalan pesawat, harus membeli tiket lagi, dan janji dengan dokter akan batal. Seandainya Anda memaksa untuk tetap pergi di penerbangan berikutnya, Anda harus menunggu lagi setelah sampai di sana karena bisa saja dokter yang bersangkutan sedang melayani pasien lain.

Jangan pilih penginapan yang jauh dari rumah sakit jika membawa serta keluarga. Mengapa tidak boleh? Pertama, keluarga Anda bisa saja kesulitan untuk menemukan rumah sakit di mana Anda dirawat nantinya dan kedua, biaya transportasi bisa saja menambah pengeluaran Anda jika mereka sering bolak-balik ke penginapan dan ke rumah sakit. Jika penginapan yang dipilih di dekat rumah sakit, mereka tidak butuh biaya transportasi karena mereka bisa berjalan kaki saja.

Jangan langgar peraturan yang ada di Singapura. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana Singapura itu, sedikit bocoran bahwa negara ini disebut juga sebagai negara dengan seribu satu peraturan. Yap, pemerintah di sana menerapkan banyak sekali peraturan guna mensejahterahkan dan mendisiplinkan masyarakat dan turis. Misalnya, jika Anda membuang sampah sembarangan, Anda bisa kehilangan jutaan rupiah untuk membayar denda (hukumannya). Untuk itu, jangan langgar peraturan yang ada di sana demi kenyamanan dan keamanan Anda dan keluarga. Silahkan cari referensi lebih banyak dari berbagai sumber agar tahu apa saja hal-hal yang dilarang dilakukan di Singapura.

This entry was posted in Berobat ke luar negeri, Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *